10 Manfaat Buah Carica Untuk Kesehatan

Bagi masyarakat Indonesia, sebagian dari kita tidak begitu mengenal buah yang satu ini. Buah Carica memang sulit ditemukan karena hanya tumbuh di dataran – dataran tinggi. Hal ini memiliki arti kalau buah Carica hanya tumbuh di daerah yang tinggi dan memiliki suhu dingin atau di pegunungan. Manfaat buah carica bagi kesehatan bukan sedikit, melainkan sangat besar sekali sehingga kita dapat memanfaatkannya.

Tentang Buah Carica

Buah yang pertama kali ditemukan di Amerika ini di Indonesia sendiri hanya tumbuh di Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Timur. Tetapi ada sebagian juga yang pernah menemukannya di Bali. Karena hanya tumbuh di Dataran Tinggi Dieng, buah ini sulit didapatkan dan kita tidak mudah menemukannya di supermarket manapun. Buah yang memiliki fisik seperti buah Pepaya ini memiliki banyak khasiat di balik sulitnya menemukan buah ini.

Kandungan gizi buah carica

Tidak banyak yang tahu khasiat dari buah Carica bagi kesehatan dan hanya tahu kalau buah ini memiliki rasa yang asam dan segar saja. Padahalbuah Carica mengandung banyak Serat, Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Enzim papain, dan Kalsium yang tentunya bermanfaat bagi tubuh kita. Nah, kandungan – kandungan tersebutlah yang menjadikan buah Carica memiliki banyak khasiat. Berikut ini ada 10 khasiat buah Carica baik untuk kesehatan ataupun lainnya:
Manfaat buah carica

manfaat buah caricaManfaat buah carica bagi kesehatan dan bagi berbagai faktor umum dapat kita manfaatkan untuk berbagai aspek kehidupan. Mari kita ulas sebaik-baiknya.

    Memberi lahan bisnis

Secara tidak langsung, buah yang hanya tumbuh di dataran tinggi ini memberi lahan bisnis khusus bagi para warga yang tinggal di daerah tersebut. Buah Carica memiliki banyak fungsi sebagai bahan makanan karena dapat diolah menjadi banyak macam. Seperti selai, manisan, sirup, keripik, hingga dodol. Warga Wonosobo sendiri banyak yang membuat industri rumahan yang mengolah buah Carica dan menjualnya.

    Dapat menjadi obat kulit

Buah Carica juga memiliki khasiat untuk mengobati penyakit kulit. Menurut warga Wonosobo, buah Carica di Amerika sana memang dijadikan obat penyakit kulit dalam bentuk obat – obatan. Namun di Wonosobo, belum ada yang mengolahnya menjadi obat penyakit kulit karena pemahaman dan ilmu yang masih kurang.

Buah untuk kulit lainnya :

    Manfaat buah naga
    Manfaat buah delima

    Menjadi kosmetik dan skin care

Tidak hanya untuk obat kulit, buah Carica dapat membentuk kolagen dalam tubuh. Sehingga buah ini juga menjadi bahan pembuat kosmetik dan skin care. Kolagen yang dihasilkan dapat membuat kulit menjadi mulus dan terhindar dari penuaan dini seperti menghindari kerutan pada wajah maupun tubuh. Mengkonsumsi secara rutin pastinya akan berfek besar pada kulit kita.

    Memberi kesegaran

Buah Carica yang telah diolah atau juga belum diolah memberi kesegaran pada tubuh karena memiliki rasa yang nikmat. Buah Carica yang belum diolah memang tidak senikmat yang sudah diolah karena rasanya yang asam. Kebanyakan memang menyukai buah Carica yang sudah diolah.

    Melancarkan pencernaan

Seperti buah lainnya, buah Carica yang mengandung Vitamin C dan Serat yang tinggi memiliki khasiat untuk melancarkan pencernaan dalam tubuh. Warga Wonosobo memakan buah ini secara mentah dengan rutin sebagai asupa untuk melancarkan pencernaan mereka.

Buah untuk melancarkan pencernaan :

    Manfaat kulit manggis
    Manfaat air putih

    Membersihkan usus

Karena dapat melancarkan pencernaan, ini juga berarti buah carica dapat membersihkan organ usus kita secara alami. Untuk usus sendiri, buah Carica ini dapat menghilangkan bakteri jahat karena mampu menyeimbangkan keasaman atau pH pada usus kita.

Penting untuk membersihkan usus :

    Manfaat mentimun

    Menyehatkan mata

Buah Carica juga dapat menyehatkan mata karena mengandung Vitamin A. Banyak yang berpikir kalau Vitamin A hanya ada dalam wortel bukan? Buah Carica dapat menjadi asupan lain untuk menggantikan wortel agar mata tetap sehat. Khususnya bagi anda yang tidak menyenangi sayuran wortel.

Baik untuk mata :

    Manfaat bayam
    Manfaat wortel

    Menghilangkan rabun senja

Para warga di Wonsosobo percaya bahwa buah Carica juga dapat menghilangkan penyakit rabun senja. Seperti tadi, buah Carica yang mengandung Vitamin A dapat membantu para penderita rabun senja sedikit demi sedikit sembuh.

    Menambah metabolisme

Buah Carica juga memiliki khasiat pada metabolisme dalam tubuh dengan menambahnya. Kandungan nutrisi Serat, dan Vitamin juga Kalsium membantu tubuh untuk memilik fisik yang lebih kuat dan terhindar dari virus juga bakteri. Khususnya karena keberadaan Vitamin B Kompleks.

    Memberi kehangatan

Di Amerika, buah Carica juga memiliki khasiat untuk menghangatkan tubuh. Mereka mengolah buah ini untuk dijadikan minuman beralkohol. Menurut merekaa, rasa minuman beralkohol dari buah ini sangat nikmat. Tetapi di Indonesia tentu belum ada yang mengolahnya menjadi minuman beralkohol.
Buah Carica di Indonesia

Buah Carica sering disebut dengan sebutan ‘Pepaya Gunung’. Pohonnya saja memang hampir sama dengan Pepaya. Bentuk buahnya memiliki warna kuning yang etrang begitupun dengan dagingnya dan inilah yang menjadi perbedaan selain letak tumbuhnya. Selain itu biji buah Carica lebih kecil dari pada biji buah Pepaya dan mendekati seperti biji Markisa juga berlendir. Buah Carica memiliki getah yang cukup tebal dan harus dicuci sebanyak tiga kali terlebih dahulu sebelum dikonsumsi maupun diolah. Masyarakt Wonosobo yang mengolahnya memakai sarung tangan agar tidak terkena getah. Sebab getah buah Carica dapat menyebabkan gatal – gatal dan iritasi bila disentuh.

Buah Carica produksi Dataran Tinggi Dieng telah memasuki pasar internasional. Kita dapat meilihat pohon – pohon buah Carica apa bila berkunjung langsung ke Dieng. Selain itu kita juga dapat melihat langsung cara mengolah buah Carica menjadi berbagai macam makanan. Untuk efeknya sendiri, sampai saat ini belum ada. Kecuali mereka yang mencuci buah ini secara kurang bersih dan membuat bibir gatal – gatal. Tapu tenang, para warga Wonosobo sudah sangat mengerti bagaimana cara mencuci buah ini secara benar. Harga dari buah Carica tidak mahal dan sangat ekonomis mengingat khasiatnya yang luar biasa.

Komentar